Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 5
Effectiveness of Implementing the Problem-Based Learning Model (PBL) in Acid-Base Material to Improve Student Learning Outcomes in Class XI Science 5
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, ketuntasan hasil belajar dan peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi asam basa peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik dengan skor rata-rata 3,78 dan reliabilitasnya 98%, 2) ketuntasan hasil peserta didik dinyatakan tuntas dengan rata-rata nilai akhir 88,8, dan 3) peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan peserta didik tergolong dalam kriteria sedang dengan skor rata-rata N-Gain 0,60. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang.
Downloads
References
I. Paul, T. Wariani, and G. Boelan, “Hubungan Antara Minat Dan Hasil Belajar Pada Penerapan Media Buku Saku Materi Stoikiometri,” Educativo: Jurnal Pendidikan, vol. 1, no. 2, pp. 440–445, 2022, https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.47.
L. Hakim, “Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” Jurnal EduTech, vol. 2, no. 1, 2016, https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.575.
“Laporan Pisa Kemendikbudristek”.
Wulandari, Bekti, and Herman Dwi Surjono, "Pengaruh problem based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK." Jurnal pendidikan vokasi, vol. 3, no. 2, 2013, https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600.
T. Sulastry, A. Rais, and N. Herawati, “Indonesia Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” Jurnal Pendidikan Sains, vol. 11, no. 1, pp. 142–151, 2023, https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.28787.
S. Sholahuddin, R. Fadhilah, and D. Kurniasih, “Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Larutan Asam Basa,” Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, vol. 11, no. 5, 2023, https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i5.8675.
R. Ardianti, E. Sujarwanto, and E. Surahman, “Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana,” Journal for Physics Education and Applied Physics, vol. 3, no. 1, 2021, https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416.
F. T. Nomleni and P. A. Nubatonis, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Couple Card terhadap Higher Order Thingking Skilss Siswa pada IPA Biologi di SMP Negeri 10 Kota Kupang,” Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, vol. 13, no. 2, p. 75, Jan. 2021, https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v13i2.42138.
S. M. Minarta, and H. P. Pamungkas, “Efektivitas Media Worldwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar,” Oikos: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi, vol. 6, no. 2, 2022, https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5628.
A. Wahab, J. Junaedi, and Muh. Azhar, “Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 1039–1045, Mar. 2021, https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845.
S. Sudiarman, S. W. W, and E. Susantini, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Topik Suhu dan Perubahannya,” JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, vol. 4, no. 2, 2015, https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p658-671.
A. Fathurrahman, A. E. Yusuf, and S. Harijanto, “Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Teamwork,” Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 7, no. 2, 2019, https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334.
H. Nurul Khotim, S. Nurhayati, and S. Hadisaputro, “ Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah pada Materi Asam Basa,” Chemistry in Education, vol. 4, no. 2, 2015. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined
H. Saputra, “Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning),” Jurnal Pendidikan Inovatif, vol. 5, no. 3, 2020.
O. Rampi, E. Pongoh, J. Caroles, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Asam Basa Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tenga,” Oxygenius, vol. 3, no. 2, pp. 102–108, 2021, https://doi.org/10.37033/ojce.v3i2.304.
T. Mulyani, S. Agustina, and A. Wiraningtyas, “Perbandingan Efektivitas Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Asam Basa Dan Stoikiometri,” Jurnal Redoks: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, vol. 5, no. 1, pp. 30-38, 2022.
Copyright (c) 2024 Maria Sisilia Marselina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-Non Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.