Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Microsoft Teams Sebagai Platform Pembelajaran Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Nelius Harefa(1*)
    Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Kristen Indonesia
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Microsoft Teams, Pembelajaran Kimia, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 menstimulus terjadinya perubahan tata cara proses pembelajaran. Tidak diakomodasinya pembelajaran tatap muka, menstimulus munculnya inovasi pembelajaran berbasis digital. Salah satu inovasi tersebut yakni pemanfaatan Microsoft Teams sebagai platform pembelajaran kimia. Pada penelitian ini, dipaparkan persepsi mahasiswa terhadap platform tersebut yang ditinjau dari sisi aksesbilitas, easiness implementating, dan ketersediaan fitur. Sampel penelitian berjumlah 73 orang, yang masing-masing diberi angket persepsi dimana setiap angket terdiri dari 10 pernyataan dengan 5 opsi pilihan pada masing-masing kategori. Berdasarkan hasil penelitian, 93,15% mahasiswa beranggapan bahwa Microsoft Teams mudah diakses, 54,79% beranggapan mudah diimplementasi, dan 43,83% beranggapan bahwa fitur Microsoft Teams tersedia namun perlu updating. Data tersebut menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mampu mengintegrasikan Microsoft Teams pada proses pembelajaran kimia.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-11-16
How to Cite
Harefa, N. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Microsoft Teams Sebagai Platform Pembelajaran Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Beta Kimia, 1(2), 1-6. https://doi.org/10.35508/jbk.v1i2.5572

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.