Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Microsoft Teams Sebagai Platform Pembelajaran Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 menstimulus terjadinya perubahan tata cara proses pembelajaran. Tidak diakomodasinya pembelajaran tatap muka, menstimulus munculnya inovasi pembelajaran berbasis digital. Salah satu inovasi tersebut yakni pemanfaatan Microsoft Teams sebagai platform pembelajaran kimia. Pada penelitian ini, dipaparkan persepsi mahasiswa terhadap platform tersebut yang ditinjau dari sisi aksesbilitas, easiness implementating, dan ketersediaan fitur. Sampel penelitian berjumlah 73 orang, yang masing-masing diberi angket persepsi dimana setiap angket terdiri dari 10 pernyataan dengan 5 opsi pilihan pada masing-masing kategori. Berdasarkan hasil penelitian, 93,15% mahasiswa beranggapan bahwa Microsoft Teams mudah diakses, 54,79% beranggapan mudah diimplementasi, dan 43,83% beranggapan bahwa fitur Microsoft Teams tersedia namun perlu updating. Data tersebut menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mampu mengintegrasikan Microsoft Teams pada proses pembelajaran kimia.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-Non Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.