Pengaruh Komposisi SiO2 Pada Katalis Cao/SiO2 Terhadap Karakter Morfologi Permukaan, Ukuran Partikel dan Rendamen Metil Ester Reaksi Transesterifikasi Minyak Jarak

  • Yulita A. Ndak Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP- Universitas Nusa Cendana
  • Kasimir Sarifudin Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Nusa Cendana
  • Sudirman Sudirman Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Nusa Cendana
Keywords: Silika, Komposisi, katalis Morfologi, Ukuran Partikel, Yield metil ester

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh komposisi SiO2 pada katalis CaO/SiO2 terhadap karakter morfologi permukaan, ukuran partikel dan rendamen metil ester pada reaksi transesterifikasi minyak jarak kepyar. SiO2 disintesis dari zeolit alam dengan metode hidrotermal, kopresipitasi dan ultrasonikasi sementara CaO disintesis dari endapan kapur air dengan metode kalsinasi. Proses pengembanan SiO2 dan CaO melalui metode impreginasi basa dengan variasi SiO2 10,20 30, 40 dan 50%. Hasil karakterisasi  menggunakan SEM-EDX menunjukkan komposisi SiO2 yang berlebih pada katalis menyebabkan terjadinya penggumpalan pada permukaan katalis. Hasil analisis ukuran partikel menggunakan Image-J menunjukkan hasil terbaik diperoleh pada penambahan SiO2 30% dengan ukuran partikel 10,01 nm yang berarti  penambahan SiO2 dengan komposisi yang kecil akan menghasilkan partikel dengan ukuran yang kecil dan pada komposisi yang berlebih menghasilkan partikel dengan ukuran yang besar. Sementara hasil uji aktivitas katalis terhadap reaksi transesterifikasi minyak jarak kepayar menunjukkan yield tertinggi  diperoleh pada penambahan SiO2 30% yaitu 92,78% yang menunjukkan bahwa komposisi SiO2 yang kecil menghasilkan yield metil ester yang tinggi dan pada komposisi yang berlebih menghasilkan yield metil ester yang rendah.

Published
2021-11-16
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.