Pemanfaatan Bahan Ajar Digital Berbasis Android dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI MIA pada Materi Pokok Asam Basa

  • Lolita Agusta Magdalena Parera Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Nusa Cendana
  • Johnson N. Naat Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Nusa Cendana
  • Jacky A. Nenohai Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Nusa Cendana
  • Mulyanti Tamonob Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Nusa Cendana
  • Ni Wayan O. A.C Dewi Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Nusa Cendana
Keywords: Aktivitas dan hasil belajar, android, problem based learning (PBL)

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  perbedaan hasil  belajar  yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan menggunakan bahan ajar digital berbasis android dan model pembelajaran problem based learning (PBL)  dengan peserta didik yang diajarkan menggunakan menggunakan model PBL. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Dari populasi terpilih 2 kelas sampel yaitu XI MIA 2 (kelas eksperimen) dan XI MIA 4 (kelas kontrol). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket, obeservasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis hasil belajar peserta didik dengan uji-t menunjukan bahwa nilai sig. 2-tailed < taraf signifikan 5% yaitu 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan bahan ajar digital berbasis android dan model pembelajaran problem based learning (PBL)   dengan peserta didik yang diajarkan menggunakan model PBL pada materi asam basa.

Published
2021-11-16
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.