Peningkatan Hasil Belajar Ikatan Kimia dengan menggunakan Pembelajaran Cooperative Tipe STAD di Kelas X

  • Ahmad Abubakar(1*)
    SMA Negeri 1 Ende
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kimia, metode pembelajaran, ikatan kimia

Abstract

Metode pembelajaran kimia di sekolah cenderung hanya satu arah, text book oriented, abstrak dan menggunakan metode ceramah ,guru  lebih aktif dalam memberikan informasi kepada siswa. Hal ini terjadi di SMA Negeri 1 Ende khususnya di kelas X  MIPA 1  pada materi ikatan kimia.  Berdasarkan hasil observasi bahwa hasil belajar  materi ikatan kimia masih tergolong  rendah, yaitu 55% ketuntasan dari standar ketuntasan 75% dengan nilai rata-rata 75. Guru yang mengajar  kurang memperhatikan kemampuan berpikir siswa dan  tidak melakukan pembelajaran bermakna, metode yang digunakan kurang bervariasi dan sebagai akibatnya motivasi belajar siswa menjadi sulit ditumbuhkan, dan pola belajar cenderung menghafal dan mekanistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang memperoleh nilai dengan kriteria baik sekali 0%, kriteria baik 55,56% atau 20 siswa, kriteria cukup 38,88% atau 14 siswa, kurang 5,56% atau 2 orang siswa dan tidak ada yang memperolah kriteria kurang sekali. Selanjutnya pada siklus II dapat dilihat pula bahwa yang memperolah kriteria baik sekali 33,33% atau 12 orang siswa, baik 55,56% atau 20 siswa, cukup 11,11% atau 4 siswa, dan memperolah kriteria kurang sekali tidak ada. Hasil penelitian menunjukan kecenderungan siswa dalam setiap pertemuan mengalami kenaikan partisipasi dalam kegiatan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-12-10
How to Cite
Abubakar, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ikatan Kimia dengan menggunakan Pembelajaran Cooperative Tipe STAD di Kelas X. Jurnal Beta Kimia, 2(2), 43-50. https://doi.org/10.35508/jbk.v2i2.9080

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.