Pengembangan e-Modul Pembelajaran Kimia menggunakan Software Flipbook HTML5 pada Materi Termokimia Terintegrasi Etnosains Kelas XI SMA/MA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wujud dan kelayakan pengembangan e-modul pembelajaran kimia berorientasi etnosains dengan menggunakan Software Flipbook HTML5. Pengembangan e-modul dengan Software Flipbook HTML5 pada materi termokimia berorientasi etnosains pada penelitian ini menggunakan model rancangan dari Borg and Gall yang disederhanakan yaitu: studi pendahuluan, pengembangan, uji lapangan, dan diseminasi produk akhir. Terlebih dahulu dilakukan penilaian oleh tiga ahli dengan hasil presentase keidealan sangat baik yaitu ahli instrumen 91,42%, ahli materi 90,62% dan ahli media 90%. Uji lapangan terhadap produk e-modul pembelajaran kimia berbasis Flipbook HTML5 pada materi termokimia berorientasi etnosains terdiri dari uji kelompok kecil dan kelompok besar yang terdiri atas 10 dan 18 orang mahasiswa semester III Pendidikan Kimia Undana.. Hasil penilaian uji coba kelompok kecil 100% dan 100% untuk uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil penilaian uji ahli dan uji lapangan terhadap e-modul pembelajaran kimia menggunakan Flipbook HTML5 pada materi pokok termokimia berorientasi etnosains dinyatakan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-Non Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.